Beranda / Showbiz

Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah, Ini Perannya

showbiz.terasjakarta.id - Kamis, 28 Maret 2024 | 05:20 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Harvey Moeis suami Sandra Dewi jadi tersangka kasus korupsi Timah

Harvey Moeis suami Sandra Dewi jadi tersangka kasus korupsi PT Timah. (Foto: Instagram @sandradewi88/Dok. Kejagung)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kejaksaan Agung (Kejagung) tetapkan Harvey Moeis suami artis Sandra Dewi sebagai tersangka kasus korupsi komoditas timah.

Usai Helena Lim, Kejagung menetapkan tersangka baru korupsi pada tata niaga komuditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Penangkapan  Harvey Moeis diketahui usai keluar dari gedung Kejagung dengan menggunakan rompi tersangka berwarna merah muda.

Baca Juga : KPK Serahkan Rp525 Miliar ke Negara Hasil Pemberantasan Korupsi di 2023

Kejagung menyebut Harvey Moeis menerima uang dari berbagai perusahaan swasta yang menjalankan pertambangan timah liar yang berada di kawasan IUP PT Timah Tbk.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Kutandi mengungkapkan bahwa penahanan terhadap suami dari artis Sandra Dewi ini dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan.

Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan secara intensif dan sudah mengantongi sejumlah bukti sehingga Harvey pemegang saham perusahaan PT Refined Bangka Tin (RBT) kini ditetapkan menjadi tersangka.

Baca Juga : Profil Windy Idol, Saksi Sidang Kasus Korupsi Hasbi Hasan di KPK Hari ini

"Setelah melakukan pemeriksaan secara intensif, tim penyidik memandang sudah cukup alat bukti sehingga yang bersangkutan kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka,"  pungkas Kutandi di Gedung Kejagung Rabu, 27 Maret 2024.

Penahanan Harvey Moeis akan dilakukan selama 20 hari kedepan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Peran Harvey Moeis dalam Kasus Korupsi Komoditas Timah

Kutandi mengungkapkan dalam kasus ini Harvey berperan menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT.

Harvey diketahui pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah yakni MRPT pada tahun 2018 hingga 2019 untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah.

"Untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah" pungkasnya.

Dalam beberapa pertemuan, disepakati bahwa kegiatan tersebut dicover dengan sewa menyewa alat processing peleburan timah.

Kemudian tersangka yakni Harvey menghubungi sejumlah smelter seperti PT SIP, CV, PT SPS, dan PT TIN untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dari kegiatan itu, Harvey meminta pihak smelter menyisihkan sebagian keuntungannya, lalu keuntungan tersebut di serahkan pada Harvey dengan dalih pembayaran dana CSR.

"Diserahkan kepada bersangkutan (Harvey) dengan cover pembayaran dana CSR yang dikirim pengusaha smelter melalui QSE dan difasilitasi tersangka HL (Helena Lim)" sambung Kutandi.

Sebagai informasi, sebelum suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan menjadi tersangka. Crazy rich Helena Lim lebih dulu menjadi tersangka.

Helena Lim disebut memiliki peran untuk memberikan sarana dan prasarana dalam kasus korupsi ini.

Atas kasus ini, Harvey Moeis dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Juncto Pasal 18 UU Tipikor Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link