Beranda / Showbiz

Sosok Harvey Moeis: Profil, Biodata, dan Peran Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi Timah

showbiz.terasjakarta.id - Kamis, 28 Maret 2024 | 11:01 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Sosok Harvey Moeis

Sosok Harvey Moeis lengkap dengan profil hingga peran suami Sandra Dewi yang menjadi tersangka korupsi timah. (Foto: Instagram @sandradewi88)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Sosok Harvey Moeis, suami Sandra Dewi saat ini tengah menjadi sorotan publik usai ditetapkan menjadi tersangka dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022.

Simak informasi mengenai biodata, profil, hingga peran Harvey Moeis yang kini ditetapkan menjadi tersangka korupsi timah.

Baru-baru ini Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Kutandi mengatakan bahwa suami Harvey Moeis yang merupakan suami dari artis Sandra Dewi menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT.

Baca Juga : Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah, Ini Perannya

Sebagai perpanjangan tangan, Harvey tercatat pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah, yakni MRPT pada tahun 2018-2019.

"Akhirnya disepakati bahwa kegiatan akomodir pertambangan liar tersebut adanya dicover dengan sewa menyewa peralatan processing peleburan timah, yang selanjutnya tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk ikut serta dalam kegiatan dimaksud," kata Kutandi kepada wartawan pada Rabu, 27 Maret 2024.

Dari kegiatan itu, Harvey kemudian meminta pihak smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungannya. Lalu, keuntungan itu diserahkan kepada Harvey dengan dalih pembayaran dana CSR.

Baca Juga : Profil dan Biodata Aktris Zhou Ye, Pemeran Qian Ling dalam Drama China Everyone Loves Me

Penetapan Harvey sebagai tersangka dalam kasus ini dilakukan usai penyidik menemukan sejumlah alat bukti yang cukup.

Suami Sandra Dewi itu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selama 20 hari ke depan, terhitung sejak ditetapkannya sebagai tersangka.

Penahanan dilakukan untuk kepentingan penyidikan.

Kabarnya suami Sandra Dewi yang ikut terlibat menjadi tersangka kasus korupsi timah ini pun membuat masyarakat penasaran akan sosok Harvey Moeis.

Lantas, seperti apa sosok Harvey Moeis?

Profil Harvey Moeis

Harvey Moeis suami Sandra Dewi jadi tersangka kasus korupsi PT Timah. (Foto: Instagram @sandradewi88/Dok. Kejagung)

Profil Harvey Moeis. (Foto: Instagram @sandradewi88/Dok. Kejagung)

Harvey Moeis adalah seorang pengusaha kelahiran 20 November 1985 yang berdarah keturunan Papua, Ambon, dan Makassar.

Namanya dikenal setelah resmi mempersunting Sandra Dewi pada 8 November 2016 lalu.

Keduanya menikah di Gereja Katedral, Jakarta yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pernikahan Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi sorotan publik setelah menggelar resepsi di Disneyland, Tokyo, Jepang pada 14 November 2016.

Dalam pernikahannya, Sandra dan Harvey dikaruniai dua anak laki-laki, Raphael Moeis dan Mikhael Moeis.

Sementara itu, Harvey merupakan seorang pengusaha batu bara.

Dikutip dari situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey menduduki jabatan sebagai presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Perusahaan pertambangan itu beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Pria berusia 39 tahun itu disebut memiliki saham di lima perusahaan batu bara lainnya, yaitu PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa, dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Meski begitu, Harvey tak banyak mengumbar kehidupan pribadinya.

Peran Harvey Moeis dalam Kasus Korupsi Timah

Usai mengetahui sosok dan profil Harvey Moeis, simak peran Harvey hingga ditetapkan sebagai tersangka.

Harvey ditetapkan sebagai tersangka dalam kapasitasnya sebagai perpanjangan tangan atau pihak yang mewakili PT RBT.

Ia bersama dengan eks Direktur Utama PT Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPP) disebut mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah untuk mendapatkan keuntungannya.

"Sekira tahun 2018 sampai dengan 2019, saudara HM ini menghubungi Direktur Utama PT Timah yaitu Saudara MRPP atau Saudara RS alias Saudara RS dalam rangka untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah," tutur Kuntadi.

Usai dilakukan beberapa kali pertemuan, Harvey dan MRPP menyepakati agar kegiatan akomodasi pertambangan liar itu di-cover dengan sewa menyewa peralatan processing peleburan timah.

"Yang selanjutnya tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk ikut serta dalam kegiatan dimaksud," jelasnya.

Dari kegiatan itu, Harvey kemudian meminta pihak smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungannya. Lalu, keuntungan itu diserahkan kepada Harvey dengan dalih pembayaran dana CSR yang difasilitasi oleh Manager PT QSE, Helena Lim (HLN).

Atas perbuatannya itu, Harvey diduga melanggar ketentuan Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Demikian informasi terkait sosok Harvey Moeis lengkap dengan profil dan perannya atas kasus dugaan tindak pidana IUP PT Timah Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link